Friday, August 25, 2006

Ketika Sesuatu Tidak Berjalan Sesuai Keinginan

Jika kita menemukan hidup tidak berjalan sesuai keinginan atau malah mengalami kemunduran, cobalah tips-tips berikut untuk mengembalikan diri ke *track* yang diinginkan.


* Identifikasi masalah
Sisihkan waktu untuk menulis pada indek, journal, buku harian atau agenda mengenai pikiran, emosi dan masalah sewaktu kita menjalani masa-masa sulit tersebut. Untuk setiap masalah tulis tindakan dan solusi yang akan dilakukan.

* Mencari dukungan
Berbicaralah pada teman dan keluarga atau siapapun yang kita anggap bisa memberikan dukungan atas masalah yang telah kita identifikasi. Anda mungkin hanya butuh simpatik untuk didengar. Tetap jika seseorang yang kita ajak bicara dapat membantu masalah kita, mintalah bantuan bagaimana mereka dapat mengatasi masalah kita.

* Jangan menjadi pecundang
Menyalahkan orang lain atas masalah kita dan mengakui diri sendiri sebagai korban hanya akan menambah luka dan beban bagi kita. Penting untuk menyadari bahwa selagi kita tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang terjadi pada kita, kita dapat mengontrol bagaimana kita bertindak terhadap mereka.

* Bebaskan diri sendiri dari tekanan
Hal terburuk yang dapat kita lakukan saat itu adalah mengambil lebih banyak tanggung jawab. Jika kita harus tinggal bersama teman atau keluarga untuk sementara sampai masalah kita selesai.

* Jangan mencari jalan pintas
Hanya karena kita telah mengidentifikasi masalah dan menentukan langkah yang akan diambil bukan berarti masalah kita selesai. Ada periode waktu dimana kita sebenarnya merasa tidak dapat melakukan segala sesuatu untuk membantu diri sendiri. Bisa jadi kita mengalami frustasi apa yang kita harapan tidak terjadi segera dan kita malah menyerah.

Anggap ini sebagai kemunduran sementara dan terus berusaha dengan solusi yang telah kita buat. Jangan segan mencari bantuan jika kita tidak dapat mememcahkan masalah sendiri.

0 comments:

 
;